Rabu, 16 Maret 2016

Tangram sebagai media untuk melatih kreatifitas siswa

Mungkin kalian beberapa dari kalian belum pernah mendengar apa itu tangram, tangram adalah sebuah permainan dimana ada tujuh bangun datar yang dipotong dari sebuah persegi, kemudian dari ketujuh potongan tersebut dibuatlah berbagai macam bentuk .

Seperti pada gambar di atas, sebuah persegi kemudian dipotong menjadi tujuh bagian dan bagian-bagian tersebut terdiri dari bangun:
  • Dua segitiga siku-siku sama kaki (besar)
  • Dua segitiga siku-siku sama kaki (kecil)
  • Satu segitiga siku-siku sama kaki (sedang)
  • Satu bujursangkar (kecil), dan
  • Satu jajaran genjang.
Hasil dari bentukan tangram tersebut dapat menjadi gambar apapun, mulai dari burung, kelinci, ikan, rumah-rumahan, angka, maupun huruf. Apapun bisa kita bentuk, berikut ini bebrapa contoh hasil dari permainan tangram :

Media tangram sangat cocok sekali kita gunakan untuk menyeimbangkan otak kiri dengan otak kanan. Mengapa demikian karena otak kiri kita cenderung berfokus pada pemikiran logis, analisis dan ketepatan, dan otak kanan cenderun pada keindahan, perasaan, dan kreatifitas. Dalam bermain tangram secara langsung kita melatih menyeimbangkan antara otak kiri dan otak kanan, karena tanpa kita sadari ketika membentuk gambar dengan berfikir maka otak kita bekerja dan membutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk menemukan berbagai macam gambar tersebut.

Berikut adalah contoh hasil permainan tangram dalam bentuk cerita, jadi dalam gambar di bawah ini khusunya pada siklus perkembangan burung dibawah ini semuanya berasal dari bentuk ketujuh bangun datar, mulai dari gambar telu, sangkar telur, burung kecil, brurung besar, burung terbang, dan bahkan tanda panahnya pun menggunakan tangram.


Mungkin para reader tertarik untuk mencoba permainan satu ini, atau sudah terfikir ingin membuat cerita menggunakan tangram, penulis sangat merecomend  permainan satu ini.

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut