Rabu, 01 April 2015

Andai Aku Menjadi Ketua HIMMA FKIP UNSRI Koordinator Daerah Palembang




Apa itu HIMMA, HIMMA singkatan dari Himpunan Mahasiswa Matematika adalah sebuah himpunan mahasiswa program studi matematika Universitas Sriwijaya. Kenapa koordinator daerah Palembang, karena kampus FKIP Universitas Sriwijaya khususnya program studi matematika memiliki dua kampus dimana yang satu kampus  Indralaya dan satunya lagi kampus Palembang. Dalam hal ini saya merupakan mahasiswa kampus Palembang.
Di dalam sebuah organisasi tentunya memiliki ketua yang memimpin sekaligus mengatur segala urusan. Sebuah organisasi akan dianggap maju dan berhasil apabila ia mengalami kemajuan setiap tahunnya. Dalam hal ini pastilah ada campur tangan dari seorang ketua. Ketua memiliki sebuah peranan yang sangat penting ibarat sekumpulan anak ayam tanpa induknya, anak ayam pastilah berjalan-jalan tak tahu arah, begitu juga peran ketua dalam sebuah organisasi.
Tidak tahu pasti apa saja yang menjadi tugas dan tangggung jawab dari seorang ketua HIMMA korda Palembang, di sini saya mencoba meraba-raba apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya serta apa saja yang mesti saya lakukan jika kelak saya menjadi seorang ketua HIMMA korda Palembang.
Seorang ketua tidak dibutuhkan apabila niat dia hanya sabatas untuk memejeng nama, karena seorang ketua haruslah disiplin, tegas, tekun, mandiri, ulet, dan rajin. Karena ia akan diperhatikan oleh anggotanya dan akan dijadikan contoh bagi anggotanya. Jadi sebagai seorang ketua haruslah memiliki citra yang baik di mata orang. Karena agar sebuah organisasi lebih maju, lebih baik dari pada organisasi lain tergantung dari ketuanya.
Saya mencoba berandai-andai menjadi seorang ketua HIMMA, hal pertama yang ingin saya lakukan saya akan mecoba mengakrabkan diri kepada kakak-kakak tingkat dan adik tingkat, caranya mungkin  dengan meng-invite kakak atau adik tingkat di BBM atau menambahkan teman pada akun jejaring facebook. Hal ini dilakukan agar anggota HIMMA merasa saling memiliki dan tidak merasa terbatas dengan kakak atau adik tingkat dan mereka tidak sungkan untuk memberikan masukan atau kritikan terhadap apa yang ingin dikerjakan atau apa yang salah dari program kerja.
Mungkin hal yang kedua yaitu saya akan melakukan diskusi secara online di sosial media dengan obrolan tertutup, maksudnya hanya anggota yang bisa berkecimpung dalam diskusi tersebut, mungkin ini terdengar aneh dan terlihat seperti tidak formal, tapi dengan cara ini setiap anggota bisa ikut berdiskusi dimana saja dan kapan saja tanpa harus meluangkan waktu khusus. Kita ketahui bahwa jam kuliah yang tidak tentu membuat kita sulit untuk melakukan pertemuan. Dalam diskusi ini kita hanya melakukan diskusi yang sifatnya masih ringan, dan jikalau memang ada masalah yang tidak bisa dibicirakan lewat sosial media barulah kita melaksasnakan rapat dengan bertatap muka langsung.
Selanjutnya, mungkin saya akan melakukan kegitan rutin untuk mengakrabkan sesama anggota HIMMA karena jika sesama anggota sudah akrab segala urusan akan menjadi mudah dan lancar. Kegiatan-kegitan di sini mulai dari kegiatan kecil missal jogging, majelis, atau bermain futsal bersama dan lain-lain sampai kegitan-kegiatan besar seperti mengadakan lomba, santunan kepada anak yatim atau kegiatan kemanusiaan lainnya.
Di dalam sebuah organisasi juga pasti mempunyai program kerja yang di dalamnya berisi program-program selama satu periode. Keberhasilan satu kabinet kerja tergantung dari apa-apa saja yang terlaksana dari program kerja yang dirancang.
Program kerja lama yang akan tetap dipertahankan dan dilanjutkan dan akan muncul proker-proker baru yang inovatif yang ide-idenya akan muncul dari anggota dan ketua organisasi itu sendiri.
Seorang ketua harus memiliki sikap yang berbesar hati karena pasti ada orang yang tidak suka dengan ketua, yang akan selalu memandang jelek apapun yang dilakukan ketua, dalam hal inilah ketua harus bisa membuktikan kepada orang-orang yang hanya bisa mencemooh apa yang dilakukan ketua.
Seorang ketua harus  menghargai setiap apa yang menjadi usulan dari anggota, walaupun usulan-usulan yang tidak masuk akal, ketua harus bisa mengendalikan  ego serta emosi.
Kita ketahui menajdi seorang ketua memang tidak mudah, penuh tantangan dan cobaan. Di dalam organisasi pasti ada masalah belum lagi tugas dari kampus yang menumpuk, ketua harus bisa membagi waktu antara organisai dan kuliah,
Seoramg ketua harus bisa menjalin hubungan baik dengan organisasi lain. Bak manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain. Begtiu juga dengan ketua sebuah organisasi. Harus memiliki koneksi dengan organisasi dari program studi lain.
Program Studi matematika mempunyai dua kampus, untuk menjalin komunikasi yang baik antar anggota HIMMA mungkin bisa dilaksanakan kegiatan bersama atau kunjungan seperti anggota HIMMA Indralaya ke Palembang atau anggota HIMMA Palembang ke Indralaya.
Seorang ketua hanyalah manusia biasa yang mungkin salah dan tidak salalu benar di mata anggotanya, dan seorang ketua harus bisa memberikan pengertian semacam itu untuk mengurangi indikasi terjadinya perpecahan di dalam sebuah organisasi.
Di dalam organisasi memiliki anggota yang memiliki beragam kepribadian kalaupun terjadi suatu konflik ketua harus bisa tegas dan segera menangani apa yang terjadi sebelum masalah itu berlarut dan menimbulkan perpecahan yang akan merobohkan suatu organisasi.
Selama kita berpegang teguh pada Tuhan dan kita selalu menunjukkan sikap keadilan dan kebenaran Insya Allah kita bisa memipin sebuah organisasi yang kecil maupun organisasi yang sebesar apapun.

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut